19 Maret 2010

Menanti Ekonomi Rasullah

PERAN MEDIA MASSA sangat dibutuhkan untuk sebuah proses sosialisasi. Tak terkecuali untuk mendorong pengembangan Ekonomi dan Perbankan Syariah di Sumbar. Tak akan banyak gaungnya apapun yang kita lakukan tanpa dukungan media massa. Bahkan akan sangat konterproduktif bila kita bersosialisasi sesuatu sedangkan media menulis hal yang berbeda. Medialah yang menabuh gendang, mencipta gaung, dan media juga yang membangun citra.

Tatkala media telah merasa satu dalam cita dan senada dalam irama, insya Allah upaya pengembangan Ekonomi Syariah akan semakin solid. Informasi akan mengalir deras, mengusung sebuah proses edukasi alamiah kepada masyarakat. Menjangkau sampai ke akar rumput. Menyentuh rakyat badarai. Suaranya akan merambat menerobos sekat-sekat sosial dengan gaung resonansi yang sulit untuk diraba namun terasakan. Itulah media massa.

Peranan media tak tergantikan. Ketika kawan-kawan wartawan di Sumbar dengan antusias memuat berita Ekonomi Syariah secara serempak, bahkan ikut belajar ekonomi syariah sampai nun jauh di sana, di Padang Gantiang, menambah keyakinan kita bahwa pengembangan Ekonomi Syariah adalah berada pada jalan yang tepat.

Ketika para kuli tinta yang tergabung dalam Forum Wartawan Ekonomi dan Bisnis (Forum WEB Sumbar) mengadakan pertemuan di Lapau Itiak Lado Hijau di bawah teriknya panas Kota Padang untuk membahas pembentukan usaha berbasis syariah, semakin tumbuh keyakinan kita bahwa Ekonomi Syariah mulai menapak bumi.

Ketika para ulama se-Sumatera yang berkumpul di Mesjid Syech Muhammad Saad, di Mungka, mengundang saya memberikan ceramah tentang Ekonomi Syariah, semakin terasa bahwa kita sudah berada di jalan yang benar.

Walaupun masih dengan persepsi beragam, Ekonomi Syariah mulai menjadi topik pembicaraan menarik bagi masyarakat. Karena dalam sistem ekonomi Syariah, terkandung secercah harapan perbaikan kesejahteraan hidup yang tak kunjung tergapai.

Sekarang tinggal lagi kita menanti partisipasi nyata para pelaku Ekonomi Syariah untuk mendukung semakin semaraknya upaya syiar. Termasuk semakin bersinarnya halaman Forum Ekonomi Syariah ini. Kita menanti partisipasi perbankan syariah, asuransi syariah, lembaga gadai syariah, lembaga ventura dan perusahaan-perusahaan berbasis syariah lainnya mendukung syiar ekonomi Rasulallah ini.

Kita menanti dukungan Pemerintah Daerah terhadap pembumian Ekonomi Syariah di Ranah Minang. Kita menanti (atau bermimpi) bahwa suatu saat nanti ada Pemda di Ranah Minang yang menjadikan ekonomi syariah sebagai basis pembangunan ekonomi daerah. Kita menanti berbagai upaya, kreatifitas dan inovasi dalam rangka membesarkan kue ekonomi syariah.

Kita menanti tulisan, opini, kritikan atau cerita-cerita sukses nasabah yang mengikuti usaha berbasis syariah. Kitapun menanti siapapun untuk berpromosi, membangun citra perusahaan atau lembaga di halaman yang berniat tulus ini. Kita menanti..... Insya Allah.

0 komentar:

Posting Komentar

Apa komentar Anda mengenai tulisan di atas?